Aldi Ruma

Gotong Royong Bersama Aldi RUMA

“Rasa Bersama Ada di Sanubari Rakyat Indonesia” Bung Hatta.


Di akhir bulan januari ini, AppsCoast mendatangkan seorang narasumber yang sangat luar biasa, menginspirasi dan juga seorang sosial entrepreneur.  Sosok tersebut adalah Aldi Haryopratomo, CEO of RUMA. Aldi Haryopratomo merupakan lulusan Purdue University  jurusan Computer Engineering dan MBA dari Harvard University.

APA ITU RUMA?

RUMA yang merupakan singkatan dari Rekan Usaha Mikro Anda ini dibentuk pada tahun 2009 yang berawal dari sebuah yayasan. Visi RUMA sendiri adalah membuat semua orang menjadi mapan. Cara untuk membuat mapan tersebut dengan bergotong royong. Oleh karena itu, RUMA menciptakan suasana gotong royong dengan sentuhan teknologi dalam produknya.   RUMA mempunyai beberapa produk, salah satunya adalah  arisan mapan. Arisan mapan adalah sekelompok orang berkumpul kemudian berpatungan untuk mendapatkan barang secara bergantian.  Menurut Aldi, kompetitor terbesar Arisan mapan adalah tukang kredit keliling.

IKRAR RUMA

Banyak sekali hal-hal yang bisa kita pelajari dari RUMA ini. Salah satu yang menarik adalah mereka memiliki ikrar, yang adalah:

  1. Kami percaya bahwa; setiap orang berhak untuk mendapatkan akses layanan; yang membantu mereka mencapai hidup mapan
  2. Kami percaya bahwa; masyarakat yang bersatu dan bergotong-royong; adalah fondasi untuk menciptakan ekonomi yang paling kuat
  3. Kami percaya bahwa; teknologi dan inovasi akan mempercepat perubahan
  4. Kami percaya bahwa; sekelompok orang dengan visi yang sama; berani, berintegritas, dan melayani dengan sepenuh hati; dapat membawa kita semua untuk berkembang bersama menjadi lebih baik.

TANTANGAN TERBESAR

Tantangan terbesar selama menjalankan RUMA adalah  merekrut engineer. Engineer di RUMA ditantang membuat teknologi  untuk kalangan menengah kebawah.  Pada nyatanya jarang engineer yang dengan sukarela melakukan kerja di lapangan dan biasanya lebih memilih bekerja di depan komputer. Oleh karena itu, Aldi mengharuskan engineer-nya untuk turun langsung ke lapangan agar merasakan apa yang sudah terjadi di lapangan.

STRENGTH AND WEAKNESS

Aldi  merasa bahwa kekuatannya  adalah ambition dan believe karena inilah yang mengantarkan  orang-orang untuk bergabung ke RUMA. Sedangkan kekurangannya adalah  disruptif karena Aldi merasa bahwa banyak sekali yang dapat dilakukan untuk membantu orang. Selain itu, Aldi juga harus merasa yakin dalam  menentukan prioritas terbaik dan sangatlah tidak  mudah.

5 SECRET WEAPONS

Berikut ini adalah beberapa tools yang menjadi andalan Aldi Haryopratomo dalam menjalankan kesehariannya sebagai CEO of RUMA:

  1. Mapan : Untuk komunikasi dengan anggota
  2. Google Docs : Untuk mempermudah membuat catatan ketika meeting
  3. Sworkit : Untuk panduan berolahraga
  4. Slack : Untuk komunikasi dengan engineer
  5. Forest :  Untuk konsentrasi bekerja

BUKU FAVORIT

Untuk Negeriku : Sebuah Otobiografi – Mohammad Hatta


Subscribe to our podcast channel via :

Youtube : http://appscoast.id/youtube
iTunes : http://appscoast.id/itunes
Stitcher : http://appscoast.id/stitcher
PlayerFM : http://appscoast.id/playerfm
Soundcloud : http://appscoast.id/soundcloud
Facebook : https://www.facebook.com/appscoast/
Facebook Group : http://appscoast.id/fb

0 comments on “Gotong Royong Bersama Aldi RUMAAdd yours →

Tinggalkan Balasan

Alamat surel Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *